BAKMI JAWA PALAGAN

Bakmi Jawa Palagan Yogyakarta

Where They At : Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 8 Yogyakarta, open 17:00 - habis
Bakmi Jawa Palagan Yogyakarta

What They Sell : Bakmi Jawa, Nasi Goreng, Magelangan

Kalau orang luar kota tanya apa sih makanan khas dari kota Jogja? Selain bakpia dan gudeg pasti selalu ada nama Bakmi Jawa nyempil sering disebutkan. Bakmi Jawa umum banget dijual di setiap sudut kota Jogja dan jumlahnya bejibun, tapi mana aja yang enak?

Bakmi Jawa Palagan Yogyakarta

Kalau ditanya begitu ane pasti jadi bingung sendiri, secara belum semuanya ane coba dan kebanyakan rasanya hampir sama. Entah kenapa bakmi jawa yang terkenal itu yang berada di daerah selatan Jogja kaya Bakmi Kadin, Mbah Mo, atau Mbah Wito di Wonosari. Read More >>

Berhubung sudah lapar dan ane ga mau berkendara terlalu jauh maka ane muter-muter sekitar rumah buat cari bakmi jawa. Jimat ane dalam mencari Warung Bakmi Jawa adalah cari yang tempatnya paling ramai. Ya memang sih masaknya lama soalnya biasa masak nya satu per satu tapi kalau masak lamapun orang mau antre kan brarti enak tuh gan.

Bakmi Jawa Palagan Yogyakarta

Jadilah ane nemu ini warung Bakmi Jawa Palagan namanya. Letaknya ada di Jl.Palagan Km. 8 kalau dari ring road ada di kanan jalan (Utara Empek2 Kamto) di sebelah Stone Mart di sebrang Dalem Agung Palagan. Warung nya agak masuk walaupun pinggir jalan tapi ane sampe sini jam 6 sore aja udah rame.

Bakmi Jawa Palagan Yogyakarta
(juragane lagi masak)

Suasanya khas bakmi jawa di mana ada gerobak dan wajan kecil yang non-stop mengolah mie beserta suwiran ayam dan telor bebeknya. Wah baunya itu gan saat masak bikin perut makin kemerucuk. Lihat saja sang bapak yang masak dengan asiknya seakan tidak peduli dengan semua masalah pubertas yang dialami kaum remaja di luar sana.

Bakmi Jawa Palagan Yogyakarta
(mie nyemek)

Bakmi Nyemek di sini kuahnya dikit banget gan, malah menurut ane lebih cocok disebut mie godhog yang kuah nya asat. Wow rasanya tapi enak gannnn... paduan ndog bebek sama mienya tuh Jogja banget. Kalau makan mie jawa ini di Tugu Jogja pasti rasanya semakin Jogja. Suwiran ayamnya juga empuk, kayanya kalau ane pesen Mie Godhog bakal lebih enak deh soalnya kuahnya pasti ngeblend sama telor saat diserutup.

Bakmi Jawa Palagan Yogyakarta
(bihun godhog)

Bihun godhognya di luar perkiraan malah kurang sesuai dengan ekspektasi saya. Tidak seperti bakmi nyemek yang sebelumnya saya makan, kuah bihunnya malah kurang berasa. Bihun nya juga teksturnya masih agak kasar seperti kurang matang. Ane ampe request tambah garam supaya lebih mantap eh malah keasinan jadinya. Hmmm...mungkin bihun godhog bukan spesialisasi mereka.

Bakmi Jawa Palagan Yogyakarta
(nasi goreng)

Untuk Nasi Gorengnya wenak juga gan. Memang sih kalau nasi goreng dimasak pakai arang tu pasti aromanya beda. Ga bisa disamain dengan nasi goreng di restoran-restoran yang masaknya pake kompor gas. Dan porsinya tuh pas banget nasgor nya ga terlalu banyak dan ga terlalu sedikit. Recommended lah buat porsi makan malam 1 orang.

Semua menu di sini ga peduli mau itu dari ras Nasi atau Bakmi dibanderol 11rb aja gan. Cukup murah mengingat banyak Mie Jawa yang harganya dipatok lebih mahal dari ini. Patut dicoba kalau agan lagi bingung cari makan anget di mana malam-malam.

Kutrima suratmu, Tlah kubaca dan aku mengerti
Betapa merindunya dirimu akan hadirnya diriku
Di dalam hari-harimu bersama lagi

Kau tanyakan padaku, Kapan aku akan kembali lagi
Katamu kau tak kuasa, Melawan gejolak di dalam dada
Yang membara menahan rasa pertemuan kita nanti
Saat bersama dirimu

Semua kata rindumu
Semakin membuatku.. tak berdaya
Menahan rasa ingin jumpa
Percayalah padaku akupun rindu kamu
Ku akan pulang melepas semua kerinduan
Yang terpendam...

Dewa 19 - Kangen

0 komentar:

Post a Comment